Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa ASM Ariyanti dengan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM)

Isi Artikel Utama

Moch. Hafid
Ema

Abstrak

Perguruan tinggi sebagai bagian dari industri sektor jasa dituntut untuk menjaga kepuasan pengguna jasa, yang dalam hal ini adalah mahasiswa, demi terpeliharanya loyalitas mereka.  Maka dari itu sudah sepatutnya untuk Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti memperhatikan dengan serius masalah kepuasan mahasiswanya.


Penelitian ini bertujuan meneliti faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa di ASM Ariyanti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh faktor layanan Bidang Akademik, faktor Aspek Pengajaran dan faktor Aspek Sarana dan Prasarana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hafid, M., & Ambiapuri, E. (2021). Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Layanan Mahasiswa ASM Ariyanti dengan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM). Indonesian Journal of Office Administration, 3(2), 25–36. Diambil dari https://jurnal.ariyanti.ac.id/index.php/adminof/article/view/22
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Douglas, J., Douglas, A. and Barnes, B. (2006), “Measuring student satisfaction at a UK university”, Quality Assurance in Education, Vol. 14 No. 3, pp. 251-267.

Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. (2015). Partial Least Squares. Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Untuk Penelitian Empiris. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanan, Mack & Karp, Peter (1991) Customer Satisfaction: How to Maximize, Measure and Market your company’s Ultimate Product. New York: American Management Association.

Kotler, Philip (2015) Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Kuncoro, Mudrajad (2013) Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John C. (1995) Consumer Behavior, Eleventh Edition. Illinois: Richard D. Irwin Inc.

Tjiptono, Fandy (2012) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Sadat, A. M. (2000). Analisis Hubungan Kinerja Jasa Perguruan Tinggi terhadap Kepuasan Mahasiswa: Studi Kasus Universitas Indonesia. Program Pasca Sarjana Ilmu Ekonomi dan Manajemen Universitas Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.