Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Grand Asrilia Di Bandung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan bisnis saat ini dipengaruhi pola pikir pelanggan yang
dinamis. Penelitian ini meneliti mengenai kualitas pelayanan yang terdiri
atas lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati dan kepuasan pelanggan pada Hotel Grand Asrilia di Bandung.
Berdasarkan metode penentuan sampel maka sampel yang digunakan 105
responden. Dari hasil analisis ang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan yang terdiri atas lima dimensi yaitu bukti fisik, kehandalan, daya
tanggap, jaminan, dan empati secara simultan berpengaruh signifikan pada
kepuasan pelanggan Hotel Grand Asrilia di Bandung dan kualitas pelayanan
yang terdiri atas lima dimensi tersebut secara parsial berpengaruh signifikan
pada kepuasan pelanggan Hotel Grand Asrilia di Bandung
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Arikunto, Suharsimi (2016) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Atika Paramitha, Rahyuda, Suasana. 2013. Pengaruh Kualitas La yanan Terhadap
Kepuasan dan Lo yalitas Pelanggan Garuda Indobesia di Bandung. Jurnal
Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 7 (1): pp: 19-28.
Hanan, Mack & Karp, Peter (1991) Customer Satisfaction: How to Maximize,
Measure and Market your company’s Ultimate Product. New York: American
Management Association.
Hidayati, Erna yati. 2010. Analisi Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Lo
yalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, (2) 2: pp: 81-90.
Husnul, Khatimah. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Nasabah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan (2): pp: 2-25.
Novita, Indri dan Nurcahya.2011. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Jasa
Terhadap Kepuasan Pelanggan D&I Skin Center Bandung. Jurnal Manajemen.
(4), hal 45-56.