Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Mahasiswa di Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti Bandung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Ariyanti Bandung. Dalam 5(lima) tahun terakhir ini mengalami trend naik turun dalam jumlah mahasiswa baru. Penurunan pun diikuti oleh jumlah mahasiswa aktif. Trend kenaikan dan penurunan ini diduga karena strategi bauran pemasaran dalam membentuk kepuasan dan loyalitas mahasiswa terhadap kampus ASM Ariyanti. Berangkat dari fenomena diatas, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana bauran pemasaran, loyalitas dan kepuasan mahasiswa ASM Ariyanti. Seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa di ASM Ariyanti Bandung baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, dengan jumlah sampel 245 orang yang dijadikan sebagai responden (survey), dan didasarkan pada metode pengambilan sampel probability sampling dengan teknik stratified random sampling dengan presisi 5%. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis korelasi untuk mengetahui derajat keeratan hubungan antar variabel penelitian dan teknis analisis jalur untuk mengetahui pengaruh baik langsung maupun tidak langsung variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam operasionalisasinya digunakan bantuan software SPSS 21 dan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. Secara parsial produk, proses, layanan pelanggan dan physical evidence berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan mahasiswa. Bauran pemasaran secara simultan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas. Secara parsial bauran pemasaran berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas mahasiswa. Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa di ASM Ariyanti.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Alma, Buchari, 2005, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam. Bandung : Afabeta
Akbar, S dan Hasan, A. 2011. Factors Affecting the Consumer’s Decision on Purchasing Power. Journal of Economics anf Behavioral Studies. Vol. 2, No. 3 (3), pp. 108-106
Arikonto, Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi revisi ). Bandung : PT Rineka Cipta
Awan, U. 2011. Marketing Strategies International Journal of Industrial Marketing. Vol. 1, No.(10) pp 1-19
Benhaz , A. 2011. Designing Costumer Loyaltay Model in Insurance Industry. Journal Amirican Science. Vol 7 No 7, pp 463-469
Beverland, M, B. dan Farrelly, F. J., 2011. Designers Product and Markerters: Toward a Shared Understanding. Product Design Management. Pp 62-70
Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencan
Burns, D. J. , dan Neisner, I. 2006. Customer Satisfaction in a Retail Setting : The Contribution of Emotion. International Journal of Retile & Distribution Management. Vol 34 N0. 1 pp. 49-66
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS
Ishaq, I, M. 2011. An Empirical Investigation of Consumer Satisfaction and Behavioral Responses. Journal of Management & Marketing Challenges for the Knowledge Society. Vol 6, No 3, pp. 457-470
Kotler, Philip dan Kevin, Lane, Keller. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi 14 Jilid 1.Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta:Prenhallindo
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa; Berbasis Kompetensi, Edisi Ketiga, Salemba Empat, Jakarta.
Lovelock, Christopher; Wirtz, Jochen; Mussry, Jacky. 2011. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi-Perspektif Indonesia Edisi Ketujuh Jilid 1. Alih Bahasa Dian Wulandari dan Devri Barnadi Putera. Jakarta : Erlangga
Meguire. 2009. Promotion, persuasion and class-taste: Marketing (in) the UK postcompulsory sector. British Journal of Sociology of Education Vol 20. No 3, pp. 291-308
Nasution, Fitra Arlina. 2011. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Tabungan Simpedes Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Deli Tua Medan
Nazir, Mohamad. 2005. Metodologi Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia
Omar, M.W. 2009.The Mediating Effect of Cognitive and Emotional Satisfaction on
Customer Loyalty. International Journal of Management Innovation Systems Vol. 1, No. 2 : E5. Pp 240-257
Pangkalan Data Perguruan Tinggi. Pdpt.dikti.go.id
Peter, J. Paul dan, Jerry, C., Oslon 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (Consumer Behavior&Marketing Strategy). Edisi 9. Buku 2. Alih Bahasa Diah Tanti Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat
Priyanto, Hendro. 2008. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Nasabah Unit Mikro Mandiri cabang Teluk Betung
Rehman, S, U, dan Ibrahim, SM, S. Intrergrated Marketing Communication and Promotion. International Refereed Research Journal. Vol.-II, Issue-4 (10) pp 180-191
Riduwan. 2007. Statistika untuk Lembaga & Instansi Pemerintah/Swasta. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sangadji, Etta, Mamang dan Sopiah.2010. Metodologi Penelitian:Pendekatan Praktis dalam Penelitian.Yogyakarta : Penerbit Andi
Setiadi, Nugroho, 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen-Implikasi pada Strategi Pemasaran Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen). Jakarta : CAPS
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik-Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Edisi 2. Yogyakarta : Andi
Umar, Husein. 2008. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta:Ghalia Indonesia.